Mengenal Karakter Manusia Ala Surrounded By Idiots

Judul Buku : Surrounded By Idiots

Penulis : Thomas Erikson

Penerbit : Bentang Pustaka

doc. pribadi

*Blurb*

Apakah Anda pernah berada dalam situasi penuh kekacauan dan heran karena tidak ada yang bisa berpikir secara masuk akal? Atau, pernahkah Anda mencoba berunding dengan pasangan Anda, tetapi hasilnya yang hancur lebur? Apakah jawaban yang panjang dan bertele-tele membuat Anda gila? Atau, apakah sikap kasar rekan Anda malah membuat Anda terpuruk dan merasa itu salah Anda?

Anda tidak sendiri. Setelah pertemuan yang menghancurkan dengan seorang pengusaha yang sangat sukses, yang benar-benar yakin bahwa dia “dikelilingi oleh orang bodoh”, ahli komunikasi dan penulis buku terlaris, Thomas Erikson mendedikasikan dirinya untuk memahami bagaimana karakter manusia dan mengapa kita sering berjuang untuk terhubung dengan tipe orang tertentu.

Surrounded by Idiots menawarkan metode sederhana, tetapi inovatif untuk menilai kepribadian orang yang berkomunikasi dengan kita berdasarkan empat tipe kepribadian (Merah, Biru, Hijau, dan Kuning), dan memberikan wawasan tentang cara beradaptasi, berbicara, dan berbagi informasi.

Erikson akan membantu Anda memahami diri sendiri dengan lebih baik, mengasah komunikasi dan keterampilan sosial, hingga menangani konflik dengan penuh percaya diri. Dilengkapi pula dengan trik sederhana tentang bahasa tubuh, meningkatkan komunikasi tertulis, nasihat tentang kapan harus mundur atau menekan, hingga kapan harus berbicara atau tutup mulut.

***

Mempelajari tentang manusia kerap menggelitik perasaan bloger. Lantaran ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang membuat keputusan. Pun bagaimana mereka bisa mengubah keputusan tersebut. Melihat sebab-akibat yang bersumber dari keputusan yang dibuat oleh masing-masing individu sampai menyebabkan banyak hal berbenturan di luar diri merupakan kesenangan tersendiri. Bukan berarti bloger senang melihat kerusuhan atau bahagia melihat orang lain punya masalah. Namun, lebih kepada kenapa sebuah kondisi tersebut bisa timbul. Kemudian, jika hal tersebut mewujud menjadi masalah yang harus menemukan solusi, maka otak ikut-ikutan merunutkan kronologi guna turut andil memecahkan masalah.

Sebelum pembagian berdasarkan warna ini, ada pembagian kepribadian menurut Carl Jung yang menjadikan karakter manusia ke dalam introver dan ekstrover. Ada juga pembagian karakter manusia ke dalam 4 jenis, yakni sanguinis, melankolis, plegmatis, dan koleris. Dalam sebuah artikel, teori pembagian ini ditemukan oleh seorang tokoh Yunani bernama Hippocrates. Selain itu, ada juga pembagian karakter berdasarkan tes MBTI.

Nah, di sini, Om Thomas Erikson akan mengenalkan pembaca pada karakter manusia berdasarkan empat pembagian warna. Ada si Merah yang paling suka mendominasi, si Kuning yang paling optimis, si Hijau yang mementingkan hubungan jangka panjang, juga si Biru yang sangat analitis.

Baca juga : The Joy of Missing Out

Merangkum dari daftar isinya, buku ini menawarkan informasi perkenalan terhadap karakter diri, kemudian berkenalan dengan sosok keempat warna, bagaimana masing-masing warna beradaptasi dengan karakter lain, sebaliknya bagaimana karakter lain beradaptasi dengan salah satu karakter warna, selanjutnya ada bagaimana merukunkan karakter-karakter yang berbeda agar mampu melihat satu tujuan yang sama, pemicu stres masing-masing warna, dan terakhir kuis singkat untuk menentukan karakter pembaca, serta contoh kehidupan sehari-hari terkait kerjasama tim yang mencerahkan dalam sejarah dunia.

Untuk Sobat Readers yang mendalami ilmu psikologi, buku ini bisa dijadikan salah satu referensi guna memahami karakter dari orang-orang di sekitar. Selain itu, detail isi buku ini ditujukan untuk membangun komunikasi di lingkungan dunia kerja. Banyaknya rekan kerja yang harus ditemui di lingkungan ini memang kerap membenturkan karakter diri dengan orang lain. Apalagi saat mau kita dan maunya orang lain, berseberangan. Buku ini juga bisa menjadi acuan bagi seorang pemimpin perusahaan yang ingin membentuk sumber daya penting dalam bisnisnya guna memeluk satu visi yang sama.

Baca juga : Growing Up Mindful

Ditambahlagi, Om Thomas yang sudah berkecimpung selama 18 tahun terakhir, mendalami berbagai macam pengembangan pelatihan kepemimpinan menggunakan pengalaman pribadinya dalam buku ini untuk menjelaskan teori-teori yang dimaksudkannya. Buku yang pertama kali dicetak pada tahun 2014 di Swedia sekaligus telah diterjemahkan ke dalam 39 bahasa ini bisa membantu Sobat Readers lebih memahami orang lain. Ada banyak quote menarik juga di dalamnya terkait masing-masing karakter.

“Pengusaha yang sukses adalah orang yang paham bahwa risiko adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dan semuanya dihasilkan dengan kerja keras dari siang sampai malam selama bertahun-tahun. Para Merah memahami hal ini sejak awal dan tidak merasa terintimidasi sama sekali.”_hal. 25-26

“Mereka adalah orang yang hidup untuk menikmati kehidupan dan selalu menemukan kesempatan untuk bersenang-senang. Hidup adalah sebuah perjamuan dan para Kuning akan menantikan untuk dapat menikmati setiap hidangan.”_hal. 28

“Para Hijau adalah orang yang baik hati. Mereka orang yang akan melakukan apa saja semampu mereka untuk mempertahankan hubungan baik dengan orang lain.”_hal. 39

“Biru adalah orang yang tahu segala hal. Dia tidak menjadikannya suatu masalah besar, tetapi caranya menyampaikan fakta membuat kalian sulit untuk mempertanyakan kebenarannya. Dia tahu di mana dia menemukan informasi tersebut dan dapat mengambil buku terkait untuk membuktikannya.”_hal. 49

Dan masih banyak quote menarik lainnya yang bisa membuka wawasan pembaca terkait sosok-sosok yang berbeda dari diri kita. Terlepas dari manfaat buku ini yang membantu pembacanya untuk mengetahui karakter-karakter orang di sekitar khususnya di dunia kerja, teori dalam buku ini bukanlah teori mutlak untuk memahami manusia seutuhnya. Pasalnya manusia adalah makhluk komplek sekaligus unik serta dinamis.

Baca juga : What’s So Wrong About Your Self Healing

Jadi, siapakah yang ingin Sobat Readers pahami karakternya?

NB : Kunjungi IG @mitoreadbooks buat dapet teman baca✨️

Cilacap, 2022年10月18日

Satu respons untuk “Mengenal Karakter Manusia Ala Surrounded By Idiots

Tinggalkan komentar